Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi ( PLTPB )

Advertisement

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi




Panas bumi merupakan sumber energi yang ramah lingkungan dan berpotensi besar untuk dikembangkan di Indonesia. Sumber energi ini juga cenderung tidak dapat habis karena proses pembentukannya yang menerus selama kondisi lingkungannnya terjaga keseimbangannya.Potensi panas bumi yang dimiliki Indonesia berdasarkan data Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Kita memiliki potensi energi panas bumi sebesar 27.000 MW yang tersebar di 253 lokasi atau mencapai 40% dari cadangan panas bumi dunia. Dengan kata yang lebih ekstrim, kita merupakan negara dengan sumber energi panas bumi terbesar di Dunia. 






Peta pengembangan energi panas bumi di Indonesia 



Peta pengembangan pembangkit listrik tenaga panas bumi di Indonesia 


Langkah awal dalam rangka penyiapan konservasi energi panas bumi adalah studi sistem panas bumi itu sendiri terutama melalui pemahaman terhadap karakteristik sumber panas bumi sebagai bagian penting dalam sistem, diantaranya berkaitan dengan :
·                     Dapur magma sebagai sumber panas bumi
·                     Kondisi hidrologi
·                     Manifestasi panas bumi
·                     Reservoir
·                     Umur (lifetime) sumber panas bumi.

Contoh pembangkit listrik PLTPB



Teknologi pembangkit listrik tenaga panas bumi dapat dibagi menjadi 3 (tiga). pembagian ini didasarkan pada suhu dan tekanan reservoir, yaitu :

Uap air kering
Teknologi ini bekerja pada suhu uap reservoir yang sangat panas ( >235 derajat celcius), dan air yang tersedia di reservoir amat sedikit jumlahnya. Seperti terlihat digambar, cara kerja teknologi ini adalah sebagai berikut, uap dari sumber panas bumi langsung masuk ke turbin melalui pipa. kemudian turbin akan memutar generator untuk menghasil listrik. teknologi ini merupakan teknologi yang tertua yang telah digunakan pada Lardarello, Italia pada tahun 1904.

Pembangkit listrik tenaga panas bumi (uap kering)



Flash steam
Teknologi ini bekerja pada suhu diatas 182 derajat celcius pada reservoir, cara kerjanya adalah dengan menyemprotkan cairan ke dalam tangki yang bertekanan lebih rendah sehingga cairan tersebut menguap dengan cepat menjadi uap yang memutar turbin dan generator akan menghasilkan listrik. Air panas yang tidak menjadi uap akan dikembalikan ke reservoir melalui injection wells.

Pembangkit listrik tenaga panas bumi (flash stream)




Binari cicle
Teknologi ini menggunakan suhu uap reservoir yang berkisar antara 107-182 derajat celcius. Cara kerjanya adalah sebagai berikut, uap panas di alirkan ke salah satu pipa di heat exchanger untuk menguapkan cairan di pipa lainnya yang disebut pipa kerja. pipa kerja adalah pipa yang langsung terhubung ke turbin, uap ini akan menggerakan turbin yang telah dihubungkan ke generator. dan hasilnya adalah energi listrik.Cairan di pipa kerja memakai cairan yang memiliki titik didih yang rendah seperti Iso-butana atau Iso-pentana. keuntungan teknologi binary-cycle adalah dapat dimanfaatkan pada sumber panas bumi bersuhu rendah, selain itu teknologi ini tidak mengeluarkan emisi. kerena alasan tersebut teknologi ini diperkirakan akan banyak dipakai dimasa depan. 

Pembangkit listrik tenaga panas bumi (binari cicle)



Dari potensi panas bumi di Indonesia, baru ±4% yang telah dikembangkan dan dimanfaatkan terutama untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di wilayah wilayah dimana kebutuhan energi listrik dari sumber pembangkit konvensional sudah tidak memadai lagi, diantaranya adalah :
·                     2 MW di Sibayak (Sumatera Utara),
·                     330 MW di G.Salak,
·                     110 MW di Wayang Windu,
·                     125 MW di Darajat,
·                     140 MW di Kamojang dan 
·                     60 MW di Dieng (P.Jawa); dan
·                     20 MW di Lahendong (Sulawesi Utara).



KELEBIHAN PLTP

·                     Bebas emisi (binary-cycle).  Dapat bekerja setiap hari baik siang dan malam
·                     Sumber tidak fluktuatif dibanding dengan energi terbarukan lainnya(angin, Solar cell dll)
·                     Tidak memerlukan bahan bakar
·                     Harga yang kompetitive


KEKURANGAN PLTP


·                     Cairan bersifat Korosif
·                     Effisiensi agak rendah, namun karena tidak perlu bahan bakar, sehingga effiensi tidak merupakan faktor yg sangat penting.
·                     Untuk teknologi dry steam dan flash masih menghasilkan emisi walau sangat kecil


0 Response to "Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi ( PLTPB )"

Posting Komentar