Prinsip Kerja Generator AC dan DC

Advertisement

Prinsip Kerja Generator AC dan DC



Prinsip Kerja Generator AC dan DC - Generator listrik adalah sebuah alat yg dapat memproduksi energi listrik dari suatu sumber energi mekanik, biasanya dengan menggunakan induksi elektromagnetik. Dalam proses ini dikenal sebagai pembangkit listrik. Walau generator dan motor punya bnyak kesamaan, tetapi motor adalah alat yg mengubah energi listrik mnjadi energi mekanik sedangkan Generator mendorong muatan listrik untuk bergerak melalui sebuah sirkuit listrik eksternal, tapi generator tdak menciptakan listrik yg sudah ada di dalam kabel lilitannya. Hal ini bisa dianalogikan dengan sebuah pompa air, atau sumber enegi mekanik yang lain yaitu turbin mesin uap, air yang jatuh melalui sebuah turbin maupun kincir air, mesin pembakaran dalam, turbin angin, engkol tangan, energi surya atau matahari, udara yg dimampatkan, atau apa pun sumber energi mekanik yg lain.


GENERATOR AC


 GENERATOR AC
Generator AC


Generator AC bekerja berdasarkan atas prinsip dasar induksi elektromagnetik. Tegangan bolak-balik akan dibangkitkan oleh putaran medan magnetik dalam kumparan jangkar yang diam. Dalam hal ini kumparan medan terletak pada bagian yg sama dengan rotor dari generator.



GENERATOR DC

Generator DC
Generator DC


Cara kerja generator listrik DC mirip dengan cara kerja generator listrik AC. Yg membedakan hanya pada generator listrik DC ini  menggunakan sebuah cincin belah atau yang biasa disebut dengan komutator di bagian outputnya. Komutator ini memungkinkan arus listrik induksi yg dialirkan ke rangkaian listrik berupa arus listri DC meskipun kumparan yang berada di dalamnya menghasilkan arus listrik AC.


Demikian artikel ini semoga bermanfaat.

0 Response to "Prinsip Kerja Generator AC dan DC"

Posting Komentar