Cara Menghitung Nilai Tahanan Resistor 4 – 5 Warna

Advertisement
Cara Menghitung Nilai Tahanan Resistor 4 – 5 Warna - menghitung sebuah nilai tahanan resistor adalah hal yang perlu diketahui oleh yang berada atau menyukai bidang elektronika  . Resistor merupakan salah satu komponen elektronika yang salah satu fungsinya adalah untuk menghambat aliran listrik. Resistor sendiri bersifat pasif dimana komponen tersebut tidak memerlukan aliran listrik untuk bekerja. Selain untuk menghambat aliran listrik, resistor juga berfungsi untuk penurun dan pembagi tegangan, dan juga sebagai pembatas atau pengatur arus listrik. Resistor sendiri dilambangkan dengan R dan memiliki satuan ohm. Resistor sendiri dapat dihitung untuk menentukan nilai resistor itu sendiri.. Untuk menentukan nilai resistor kita bisa melihat warna gelang yang terdapat pada badan resistor tersebut. Terdapat beberapa jenis resistor berdasarkan jumlah gelang yang terdapat pada badan resistor. Kebanyakan dari resistor yang dipakai adalah resistor 4 sampai 5 gelang.

Cara Menghitung Nilai Tahanan Resistor 4 – 5 Warna


Cara menghitung resistor empat sampai lima gelang terhitung gampang. Untuk resistor 4 gelang, gelang pertama dan kedua adalah angka digit, gelang ketiga multiplier, sedang gelang keempat adalah nilai toleransi. Untuk resistor dengan 5 gelang, gelang pertama kedua dan ketiga adalah angka digit. Gelang keempat mengandung nilai multiplier. Dan nilai toleransi terdapat pada gelang kelima. Pada resistor lainnya dengan enam gelang, nilai angka digit terdapat pada gelang pertama hingga ketiga. Untuk nilai multiplier-nya terdapat pada gelang ke empat. Sedang gelang kelima mengandung nilai toleransi disusul dengan gelang ke enam yang mengandung nilai koefisien suhu.

Sebagai contoh cara menghitung resistor dengan empat gelang dengan urutan gelang merah, hitam, merah, dan emas adalah sebagai berikut. Posisi gelang merah pada urutan pertama mengandung angka digit 2, hitam 0, merah untuk urutan ketiga bernilai multiplier 102, dan emas memiliki nilai toleransi 5%. Nilai resistor dari resistor empat gelang tersebut adalah 20 X 102 = 2000 Ω = 2 KΩ ± 5 %. Sedang untuk resistor lima gelang dengan urutan orange dengan nilai 3, coklat 1, hitam 0, merah 102, silver 10% memiliki nilai resistor sebesar 310 X 102 = 31000 Ω = 31 KΩ ± 10%.

Demikian cara menghitung nilai tahanan pada resistor 4 - 5 warna semoga bermanfaat bagi anda yang memerlukan .

0 Response to "Cara Menghitung Nilai Tahanan Resistor 4 – 5 Warna"

Posting Komentar