Pengertian Algoritma pemograman

Advertisement

Algoritma pemograman



Apa yg disebut tipe data? Sebutkan dan jelaskan!


Secara sederhana tipe data dapat didefinisikan dengan istilah tempat untuk menentukan pemberian nilai terhadap suatu variabel sesuai atau tidak dengan nilai
yang diberikan oleh user. Dalam versi lain tipe data juga diartikan sebagai batasan terhadap fungsi tanda pengenal terhadap semua nilai yang diterima. logika yang
dapat kita berikan adalah ketika kita menempatkan tanda pengenalharga hanya mengenal angka, maka ketika kita memberikan nilai berupa string maka secara otomatis data tersebut akan ditolak karena nilai  tersebut tidak dikenali oleh tipe data yang diberikan.







Tipe Data Numeric Integer


Tipe data integer merupakan tipe data bilangan bulat yang hanya mengenal bilangan decimal. Dimana tipe data Integer tidak mengenal pecahan



Bentuk Umum



Var
Nil1:integer;
Begin
Nil1:=5000;





Tipe Data Real


Tipe data numeric real adalah tipe data dari suatu tanda pengenal selain mengenal bilangan bulat utuh tipe data ini juga mengenal nilai angka yang mengenal pecahan.



Bentuk Umum



Var
Nil:real;
Begin
Nil1:=20,5;




Tipe Data String

Tipe data string merupakan salah satu jens tipe data selain mengenal angak disini tipe data dapat juga mengenla data berupa huruf maupun tanda baca.


Bentuk umum



Var
Nama:string;
Begin
Nama:=’Anton’;





Tipe Data Char


Secara fungsi tipe data char sama dengan tipe data string tetapi dari segi kapsitas ruang diperoleh tipe data char jauh lebih sedikit karena hanya mengenal 1 karakter.

Mengapa ada tipe data integer, padahal sudah ada tipe data floating-point yang mampu menangani bilangan pecahan?

Tipe data integer : Tipe data bilangan bulat yang hanya mengenal bilangan desimal, dan tipe data integer tidak mengenal pecahan.

Sedangkan tipe data floating-point dapat menghitung bilangan desimal di belakang koma lebih terperinci , tipe data ini juga cocok untuk di gunakan sebagai hasil bagi nilai ujian , di mana hasil nya adalah sangat terperinci . sebagai contoh jika nilai ujian 8,88 jika di tipe data integer hanya membaca 8,00 tetapi d floating point bisa di bulatkan menjadi 8,90 .

0 Response to "Pengertian Algoritma pemograman"

Posting Komentar