Advertisement
Manajemen Industri Pemasaran
BAB I
Pendahuluan
A.
Latar
belakang
Dalam dunia bisnis sekarang ini sudah
memasuki zaman globalisasi dalam perdagangan internasional, untuk tetap dapat
bersaing dalam menghadapi zaman globalisasi yang sekarang ini seseorang harus
dapat menguasai sebuah manajemen terutama manajemen industry bagi seorang
wirausahawan.
Secara umum manajemen industri adalah
tatacara mengatur sebuah industry yang bertumpu pada keunggulan sumberdaya
insani dalam menghadapi lingkungan usaha. Seorang manajemen industry harus
dapat menguasai manajemen kauangan, manajemen kualitas, manajeman inovasi,
manajeman SDM, manajemen pemasaran, manajemen keputusan dan manajemen Ekonomi
teknik.
Judul yang akan saya angkat adalah tentang
manajemen pemasaran.Yang dimaksud dengan manajemen pemasaran adalah peroses pemasaran dapat dilakukan sebelum barang diproduksi
dan tidak berakhir dengan penjualan. Pada saat pemasaran produsen harus
mengetahui apa minat dan keinginan dari konsumen, sehinga memberikan kepuasan
pada konsumen dan usahanya dapat berjalan terus.
Maksudnya
adalah jika ada suatu barang yang sudah mulai habis atau telah melewati tahun
nya, tentunya konsumen mengingin kan produk yang lebih baik dari sebelum nya,
tugas dari pada manajemen ini adalah , memahami keinginan konsumen, dan
memasarkan apa yang di inginkan oleh konsumen, maka cara ini akan membuat usaha
yang di jalani dapat berjalan dengan baik, dan konsumen pun terasa puas.
B. Tujuan
Tujuan
dalam penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan dan
diharapkan bermanfaat bagi kita semua.
Agar
mahasiswa dapat mengetahui tentang apa itu manajemen pemasaran dan agar dapat
di pelajari sehingga dapat bermanfaat di masa yang akan datang .
Agar
dapat mengetahui tata cara manajemen pemasaran serta mengetahui cara agar
konsumen tetap tertarik dengan produk yang di produksi.
Untuk memenuhi tugas dari Dosen pembimbing
dan Sebagai pembelajaran juga tentang apa itu Manejemen, Pemasaran dan Industri.
C. Rumusan Masalah
·
Pengertian manejemen dan pemasaran
·
Pengertian industri
·
Pengertian pemasaran
·
Konsep pemasaran
·
Macam-Macam Konsep Pemasaran
·
Manejemen pemasaran
·
Tujuan manajemen pemasaran
BAB ll
Pembahasan
A. Pengertian manajemen dan
pemasaran
1.
pengertian manajemen
Kata Manajemen berasal dari
bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan
mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara
universal. Kata manajemen mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare
yang berarti “mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda” yang berasal
dari bahasa latin manus yang berati “tangan”. Kata ini mendapat pengaruh dari
bahasa Perancis manège yang berarti “kepemilikan kuda” (yang berasal dari
Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris
ini juga berasal dari bahasa Italia.Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini
dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan
dan mengatur. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai
seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa
seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai
tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah
proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian,
dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan
efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan,
sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar,
terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.Istilah manajemen, terjemahannya dalam
bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada keseragaman
Selanjutnya, bila kita mempelajari literatur
manajemen, maka akan ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung tiga
pengertian yaitu :
o
Manajemen
sebagai suatu proses
o
Manajemen
sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manejemen
o
Manajemen
sebagai suatu seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science)
Menurut pengertian yang pertama, yakni manajemen
sebagai suatu proses, berbeda-beda definisi yang diberikan oleh para ahli.
Untuk memperlihatkan tata warna definisi manajemen menurut pengertian yang
pertama itu, dikemukakan tiga buah definisi
Dalam Encylopedia of the Social Sience dikatakan bahwa
manajemen adalah suatu proses dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu
diselenggarakan dan diawasi
manajemen adalah Suatu keadaan terdiri dari proses
yang ditunjukkan oleh garis (line) mengarah kepada proses perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian, yang mana keempat proses
tersebut saling mempunyai fungsi masing-masing untuk mencapai suatu tujuan
organisasi.
2. Pengertian Industri
Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan
mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang memiliki
nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Usaha perakitan atau assembling
adalah bagian dari industri. Hasil industri tidak hanya berupa barang, tetapi
juga dalam bentuk jasa.
o
Jenis / macam-macam
industri berdasarkan tempat bahan baku
§ Industri ekstraktif
Industri ekstraktif adalah industri yang bahan
baku diambil langsung dari alam sekitar.
- Contoh : pertanian, perkebunan, perhutanan,
perikanan,peternakan, pertambangan, dan lain lain.
§ Industri nonekstaktif
Industri nonekstaktif adalah industri yang bahan
baku didapat dari tempat lain selain alam sekitar.
Contoh nya : industri
karet , kulit sepatu .
§ Industri fasilitatif
Industri fasilitatif adalah industri yang produk
utamanya adalah berbentuk jasa yang dijual kepada para konsumennya.
- Contoh : Asuransi, perbankan, transportasi,
ekspedisi, dan lain sebagainya.
3.
pengertian Pemasaran
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a)
Philip Kotler
(Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b)
Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai
suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok
memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan
pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c)
Pemasaran adalah
suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan,
menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat
memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d)
Menurut W
Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan
untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang
dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
B.
Konsep Pemasaran
Konsep-konsep
inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas,
nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan
pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu.
Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap
kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan
akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk
membelinya.
C. Macam-Macam Konsep
Pemasaran
Konsep
pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari
penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasaan yang
diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
Konsep pemasaran yang telah diungkapkan
dengan berbagai cara:
1. Temukan
keinginan pasar dan penuhilah.
2. Buatlah apa yang dapat
dijual dan jangan berusaha menjual apa yang dapat dibuat.
3. Cintailah pelanggan,
bukan produk anda.
4. Lakukanlah menurut cara
anda (Burger king)
5. Andalah yang menentukan
(United Airlines)
6. Melakukan segalanya dalam
batas kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang sarat dengan nilai, mutu
dan kepuasan (JC. Penney).
Dalam
pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran
suatu organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan,
konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.
1. Konsep produksi
Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia
dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan
mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi
yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin,
karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan
daya beli mereka.
2. Konsep produk
Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang
menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini
adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk
berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik
3. Konsep penjualan
Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu
saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.
4. Konsep pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan
organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta
memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien
dibandingkan para pesaing.
5. Konsep pemasaran sosial
Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah
menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan
kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda
para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen
dan masyarakat.
6. Konsep Pemasaran Global
Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami
semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen
strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi
keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.
D.
Manajemen pemasaran
Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu
manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah
analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang
dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang
menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan
perusahaan.Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning),
pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.
Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis,
perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan
pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.
E.
Tujuan Manajemen Pemasaran
Meniadakan ketidakpastian masa datang bila perubahan-perubahan karena
situasi dan kondisi perusahaan maupun di luar perusahaan tidak menentu . Karena
tujuan organisasi sudah di fokuskan maka dengan perencanaan akan menghindari adanya
penyimpangan tujuan rencana walaupun mahal tetapi ekonomis karena segala
kegiatan telah terfokus kan dengan segala biaya .Rencana pemasaran terinci di
perlukan untuk setiap bisnis , produk dan merk.
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran adalah
sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi
pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap
kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat
dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai.
Saran
Agar dapat mempertahankan usaha, terutama kita memerlukan sebuah
manajemen yang dapat mengatur segala jalan tentang pemasaran , dan memenuhi
permintaan konsumen agar tidak terjadi penurunan permintaan.
0 Response to "Makalah Manajemen Industri Pemasaran"
Posting Komentar